Agricultural Engineering Bali Excursion 2015 : Bali Orchid Garden

Selama di Bali Orchid Garden mahasiswa Rekayasa Pertanian berkeliling di kebun melihat spesies anggrek dan juga tanaman potong yang beraneka ragam. Tanaman anggrek sendiri terdapat sekitar 700 spesies yang terbagi menjadi dua, yaitu tanaman anggrek yang boleh terkena sinar matahari secara langsung dan juga tanaman anggrek yang tidak boleh terkena sinari matahari secara langsung.

Anggrek yang terdapat di Bali Orchid Garden ditanam di beberapa media tumbuh, seperti sabut kelapa, akar pakis, dan sistem aeroponik. Sabut kelapa dan juga akar pakis memiliki fungsi yang sama, yakni menjaga kandungan air tanah yang tersedia untuk pertumbuhan anggrek. Variasi penggunaannya dibedakan berdasarkan jenis anggrek dan sjuga ketersediaan media saja, mengingat harga dan ketersediaan sabut kelapa jauh lebih ekonomis daripada akar pakis yang sulit untuk didapatkan dan juga mahal. Sedangkan untuk sistem aeroponik, dikhususkan untuk anggrek jenis tertentu yang dicoba untuk dibudidayakan dengan teknik yang lain. Perbanyakan tanaman anggrek yang terdapat di Bali Orchid Garden bekerjasama dengan Handoyono di daerah Malang dan juga dengan IPB dalam konservasi khusus tanaman anggrek hutan.

Perawatan kebun anggrek dengan luasan lahan 1 Ha, dilakukan oleh 5 orang pekerja yang masing-masingnya bertanggung jawab atas bagian atau daerah masing-masing. Perawatan yang dilakukan adalah penyiraman dan pemupukan. Penyiraman dilakukan selama dua kali sehari (pagi dan sore), dengan pemberian air yang disesuaikan dengan tipe nya (membutuhkan sinar matahari langsung atau tidak). Apabila tanaman anggrek membutuhkan sinar matahari secara langsung, maka air yang diberikan juga harus lebih banyak. Begitupun dengan anggrek yang tidak terlalu membutuhkan sinar matahari secara langsung, hanya tinggal disesuaikan saja penggunaan airnya sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan pemupukan dilakukan dengan sistem Hyponik selama dua kali seminggu.  Sistem hyponik ini memiliki jenis yang berbeda untuk tiap-tiap bagian, seperti pada akar dan bunga.

Berita Terkait