Mahasiswa ITB Kunjungan Ke PT. Jatitujuh Untuk Meningkatkan

Penulis : Dea Anggraeni A. (Rekayasa Pertanian 2015)

Foto Bersama Mahasiswa saat Kuliah Lapangan ke PT. Jatitujuh

Sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai teknologi produksi tanaman tahunan terutama dalam bidang budidaya, pada tanggal 10 November 2018 diadakan kunjungan lapangan Mata Kuliah Teknologi Produksi Tanaman Tahunan ke PT. PG Rajawali II yang berlokasi di Jatitujuh. Kegiatan kunjungan lapangan ini diikuti oleh 23 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa Rekayasa Pertanian, Rekayasa Kehutanan, Teknologi Pascapanen, serta satu orang mahasiswa dari jurusan Teknik Penerbangan. Pada kunjungan lapangan ini, mahasiswa didampingi oleh dosen pengampu mata kuliahh Teknologi Produksi Tanaman Tahunan yakni Dr. Eri Mustari serta didampingi langsung oleh ketua program studi Rekayasa Pertanian yakni Dr. Mia Rosmiati. Bapak Audry H. J. Lapian selaku Direktur Utama PT. PG Rajawali II Cirebon juga mendampingi langsung mahasiswa saat berada di PT. PG Rajawali Jatitujuh. Selain itu, turut dihadiri oleh Bapak Adang Sukendar Juanda serta Bapak Aziz Romdhon selaku kepala bagian budidaya di PT. PG Rajawali Jatitujuh.

Pada kunjungan lapangan ini, mahasiswa diberikan pengetahuan mengenai teknik budidaya tanaman tebu serta pengolahan tanaman tebu hingga menjadi gula. Pengetahuan mengenai budidaya tanaman disampaikan secara menyeluruh mulai dari persiapan lahan, pembibitan, penanaman, perawatan, pengendalian hama dan penyakit, serta pemanenan. Selain itu, mahasiswa diberikan pengetahuan mengenai pengolahan tebu hingga menjadi gula serta diberikan pengetahuan mengenai pengolahan limbah yang dilakukan oleh PT. PG Rajawali Jatitujuh ini. Mahasiswa juga diberikan bekal informasi tentang bagaimana kiat-kiat dan konsistensi PT. PG Rajawali Jatitujuh dalam mencapai tujuannya untuk memenuhi kebutuhan gula nasional. Mahasiswa kemudian diajak berkeliling untuk melihat secara langsung kebun tebu PT. PG Rajawali Jatitujuh dan pabrik pengolahan tebu menjadi gula. Dengan adanya kegiatan kunjungan lapangan ini, mahasiswa mendapatkan gambaran mengenai budidaya serta produksi tanaman tebu sehingga mampu memahami bagaimana proses perjalanan tebu dari mulai budidaya, pengolahan, hingga akhirnya menjadi gula yang siap dikonsumsi oleh masyarakat.

Sebagai upaya pengembangan ilmu pengetahuan, PT. PG Rajawali memiliki kesiapan untuk melakukan kerjasama dengan pihak SITH ITB dalam hal penelitian serta pengabdian kepada masyarakat yang bersifat sinergis, bagi mahasiswa maupun dosen SITH ITB.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish