Enter your keyword

Capaian Pembelajaran Lama

Berdasarkan kurikulum 2019, Program Studi Rekayasa Pertanian telah merumuskan 10 capaian pembelajaran yang telah disesuaikan dengan capaian pembelajaran dari akreditasi IABEE dan tujuan Program Studi Rekayasa Pertanian. Berikut adalah perbandingan PLO (Program Learning Outcome)/capaian pembelajaran Program Studi Rekayasa Pertanian pada kurikulum 2013 dan 2019 :

No Kurikulum 2013 Kurikulum 2019
1 Mampu menerangkan ilmu dasar dan terapan di bidang rekayasa pertanian Kemampuan menjelaskan prinsip-prinsip matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi, dan rekayasa
2 Menunjukkan kemampuan analisis, sintesis, dan desain dalam sistem pertanian terpadu Kemampuan menerapkan pengetahuan tentang prinsip-prinsip biosains, ilmu pertanian, dan rekayasa pertanian
3 Memiliki kemampuan merancang dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan suatu sistem pertanian terpadu Kemampuan merancang sistem produksi pertanian terpadu dengan memanfaatkan potensi sumber daya hayati
4 Mempertunjukkan kemampuan berkomunikasi baik secara lisan, tulisan, dan visual secara efektif Kemampuan merancang dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis data, mengartikan data, dan pengambilan kesimpulan dengan menggunakan engineering judgment.
5 Mempertunjukkan kemampuan bekerja secara mandiri maupun dalam kelompok Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, dan memecahkan permasalahan untuk mendapatkan pemahaman tentang prinsip-prinsip rekayasa pertanian dan dampaknya
6 Mampu menerangkan pemanfaatan dan peningkatan nilai tambah bioproduk (sumber daya hayati lokal) Kemampuan berkomunikasi baik secara lisan, tulisan, dan visual secara efektif
7 Menunjukkan sikap profesional dan beretika dalam bekerja Kemampuan bekerja secara mandiri maupun berkelompok.
8 Menunjukkan wawasan kewirausahaan yang unggul Kemampuan untuk mengambil keputusan secara profesional dan berdasar etika profesi dalam memecahkan permasalahan pertanian
9 Menunjukkan komitmen untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan melalui kesadaran pendidikan sepanjang hayat Kemampuan menunjukkan wawasan kewirausahaan yang unggul
10 Mampu mengembangkan diri dan menyesuaikan diri terhadap perkembangan IPTEK dan perkembangan masyarakat Kemampuan menunjukkan kesadaran pentingnya pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap perkembangan IPTEK terkait isu-isu kekinian yang relevan

 

 

id_IDIndonesian
X