Berdasarkan kurikulum 2024, Program Studi Rekayasa Pertanian telah merumuskan 10 capaian pembelajaran yang telah disesuaikan dengan capaian pembelajaran dari akreditasi IABEE dan tujuan Program Studi Rekayasa Pertanian. Berikut adalah perbandingan PLO (Program Learning Outcome)/capaian pembelajaran Program Studi Rekayasa Pertanian pada kurikulum 2019 dan 2024 :
No | Kurikulum 2019 | Kurikulum 2024 |
1 | Kemampuan menjelaskan prinsip-prinsip matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi, dan rekayasa | Kemampuan menjelaskan dan menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi, prinsip biosains, ilmu pertanian, dan rekayasa untuk memahami prinsip-prinsip rekayasa pertanian secara menyeluruh. |
2 | Kemampuan menerapkan pengetahuan tentang prinsip-prinsip biosains, ilmu pertanian, dan rekayasa pertanian | Kemampuan merancang sistem produksi pertanian terpadu dengan memanfaatkan sumberdaya hayati melalui penerapan metode dan prinsip rekayasa untuk memenuhi kebutuhan yang ditentukan dengan mempertimbangkan aspek teknik, ekonomi, sosial, dan lingkungan secara berkelanjutan |
3 | Kemampuan merancang sistem produksi pertanian terpadu dengan memanfaatkan potensi sumber daya hayati | Kemampuan merancang dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan dengan menerapkan metode dan prinsip rekayasa untuk menganalisis dan menginterpretasikan data, serta mengambil kesimpulan untuk memperkuat penilaian rekayasa pertanian secara presisi. |
4 | Kemampuan merancang dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis data, mengartikan data, dan pengambilan kesimpulan dengan menggunakan engineering judgment. | Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, dan menyelesaikan masalah untuk memahami prinsip-prinsip rekayasa pertanian secara presisi. |
5 | Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, dan memecahkan permasalahan untuk mendapatkan pemahaman tentang prinsip-prinsip rekayasa pertanian dan dampaknya | Kemampuan berkomunikasi secara efektif melalui lisan, tulisan, dan visual. |
6 | Kemampuan berkomunikasi baik secara lisan, tulisan, dan visual secara efektif | Kemampuan bekerja dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya. |
7 | Kemampuan bekerja secara mandiri maupun berkelompok. | Kemampuan mengambil keputusan secara profesional berdasarkan etika profesi dalam menyelesaikan masalah rekayasa pertanian. |
8 | Kemampuan untuk mengambil keputusan secara profesional dan berdasar etika profesi dalam memecahkan permasalahan pertanian | Kemampuan memahami pentingnya pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan dan pengembangan teknologi terkait isu-isu terkini dalam rekayasa pertanian. |
9 | Kemampuan menunjukkan wawasan kewirausahaan yang unggul | Kemampuan mengembangkan jiwa kewirausahaan untuk dapat berkontribusi dalam inovasi di rekayasa pertanian. |
10 | Kemampuan menunjukkan kesadaran pentingnya pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap perkembangan IPTEK terkait isu-isu kekinian yang relevan | Kemampuan merencanakan, melaksanakan, menyelesaikan, dan mengevaluasi sistem pertanian berkelanjutan. |