Capaian Pembelajaran

Berdasarkan kurikulum 2019, Program Studi Rekayasa Pertanian telah merumuskan 10 capaian pembelajaran yang telah disesuaikan dengan capaian pembelajaran dari akreditasi IABEE dan tujuan Program Studi Rekayasa Pertanian. Berikut adalah perbandingan PLO (Program Learning Outcome)/capaian pembelajaran Program Studi Rekayasa Pertanian pada kurikulum 2013 dan 2019 :

NoKurikulum 2013Kurikulum 2019
1Mampu menerangkan ilmu dasar dan terapan di bidang rekayasa pertanianKemampuan menjelaskan prinsip-prinsip matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi, dan rekayasa
2Menunjukkan kemampuan analisis, sintesis, dan desain dalam sistem pertanian terpaduKemampuan menerapkan pengetahuan tentang prinsip-prinsip biosains, ilmu pertanian, dan rekayasa pertanian
3Memiliki kemampuan merancang dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan suatu sistem pertanian terpaduKemampuan merancang sistem produksi pertanian terpadu dengan memanfaatkan potensi sumber daya hayati
4Mempertunjukkan kemampuan berkomunikasi baik secara lisan, tulisan, dan visual secara efektifKemampuan merancang dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis data, mengartikan data, dan pengambilan kesimpulan dengan menggunakan engineering judgment.
5Mempertunjukkan kemampuan bekerja secara mandiri maupun dalam kelompokKemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, dan memecahkan permasalahan untuk mendapatkan pemahaman tentang prinsip-prinsip rekayasa pertanian dan dampaknya
6Mampu menerangkan pemanfaatan dan peningkatan nilai tambah bioproduk (sumber daya hayati lokal)Kemampuan berkomunikasi baik secara lisan, tulisan, dan visual secara efektif
7Menunjukkan sikap profesional dan beretika dalam bekerjaKemampuan bekerja secara mandiri maupun berkelompok.
8Menunjukkan wawasan kewirausahaan yang unggulKemampuan untuk mengambil keputusan secara profesional dan berdasar etika profesi dalam memecahkan permasalahan pertanian
9Menunjukkan komitmen untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan melalui kesadaran pendidikan sepanjang hayatKemampuan menunjukkan wawasan kewirausahaan yang unggul
10Mampu mengembangkan diri dan menyesuaikan diri terhadap perkembangan IPTEK dan perkembangan masyarakatKemampuan menunjukkan kesadaran pentingnya pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap perkembangan IPTEK terkait isu-isu kekinian yang relevan

EnglishIndonesia